Fullcirclegroup.net

Media Informasi dan Forum Politik

Presiden RI Akan Resmikan Pembukaan Tol Pertama Riau

Ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai akan dioperasikan di akhir tahun 2019. PT Hutama Karya (Persero) mengatakan jika tol pertama di Riau itu akan diresmikan datasgp pada Desember tahun ini. Direktur Penting Hutama Karya Bintang Perbowo menerangkan jalan tol selama 131 telah usai pembebasan lahannya. Ia pastikan akhir tahun ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan resmikan langsung tol ini.

“Pekanbaru-Dumai dapat disaksikan di tempat ini ada 131 km sampai kelak Desember dapat dioperasikan semua. Saat ini tempat telah bebas, kelak Desember 100% semuanya terjaga,” kata Bintang, di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (5/9/2019).

Baca juga : RI-Jepang MOU Project Kereta Kencang JKT-SBY Dua Minggu

Dari data yang diuraikan Bintang, paling tidak ada enam seksi jalan di selama ruas Pekanbaru-Dumai. Yaitu, seksi I Pekanbaru-Minas selama 9,5 km, lalu seksi II Minas-Petapahan melintang 24,1 km. Selanjutnya seksi III Petapahan-Kadis Utara 16,9 km panjangnya, seksi IV Kandis Utara-Duri Selatan selama 27,23 km. Dua yang lain, seksi V Duri Selatan-Duri Utara selama 27,23 km serta Seksi VI Duri Utara-Dumai sejauh 24,65 km.

Sasarannya, dua seksi ruas tol ini akan fungsional Desember 2019, yakni seksi I serta II selama 33,6 km. Seksi I telah 72,05% pembangunannya, sedang seksi II telah 54,57% Tersisa empat seksinya akan langsung dioperasikan diawalnya 2020. Dengan perincian pembangunan pada seksi III sejauh 61,54% serta seksi IV 59,38%. Lalu seksi V sejauh 52,30% serta seksi VI telah 57,32%. Bintang sendiri mengatakan dengan ruas tol ini perjalanan dari Pekanbaru ke Dumai akan terpangkas jadi cuma 1,5 jam saja. Semula, perlu waktu sampai empat sampai lima jam. “Tol ini menyingkat waktu pintas perjalanan atau logistik jadi cuma 1,5 jam saja. Sekarang Pekanbaru ke Dumai dapat sampai empat atau lima jam,” kata Bintang.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top