Fullcirclegroup.net

Media Informasi dan Forum Politik

Ini Alasan Kenapa Kalian Harus Berhati-Hati Menjadi CPNS 2019

Ditengah-tengah ramainya berita pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan diawali pada 11 November 2019 akan datang, Menteri Pemanfaatan Perangkat Negara serta Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyarankan supaya calon pelamar waspada pada peluang terdapatnya penipuan berkaitan seleksi CPNS 2019.

Hal tersebut tertuang dalam surat ketetapan yang ditandatangani Tjahjo masalah penerimaan pegawai negeri sipil.

“Kami memperingatkan supaya beberapa calon pelamar waspada pada peluang berlangsungnya penipuan terkait dengan proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2019,” mencuplik surat ketetapan yang ditandatangani Tjahjo, Senin (28/10/2019).

Kompolnas Mencuriga IPW Bisa ‘Pesanan’ Masalah Serangan Ke Komjen Idham Aziz

Lalu, apa masalah penipuan CPNS yang seringkali berlangsung?

Pemalsuan Sinyal Tangan Dokumen

Salah satunya masalah penipuan CPNS yang seringkali berlangsung ialah pemalsuan dokumen, khususnya pemalsuan tanda-tangan.

“Misalnya ada laporan pemalsuan tanda-tangan Kepala BKN, Sekretaris BKN, serta beberapa kantor regional BKN di 14 propinsi Indonesia,” jelas Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan di Kantor Pusat BKN, Jumat (21/6/2019) kemarin.

Ridwan menjelaskan, pemalsuan tanda-tangan sebetulnya bisa didapati dengan gampang sebab dokumen CPNS dari BKN tidak memakai tanda-tangan basah atau manual, tetapi memakai tanda-tangan digital.

“Untuk tahun ini mulai tahun 2018, alasan tehnis (pertek) CPNS yang dikeluarkan BKN itu tidak ada tanda-tangan basah dari Kepala BKN. Kami telah memakai tanda-tangan digital atau digital signature,” jelas Ridwan.

admin

One thought on “Ini Alasan Kenapa Kalian Harus Berhati-Hati Menjadi CPNS 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top