Fullcirclegroup.net

Media Informasi dan Forum Politik

Bima Sakti dan Andromeda Akan Bergejolak Dalam Tempo 4,5 Miliar Tahun

Bima Sakti nyatanya tidak selama-lamanya aman dari semesta yang penuh misteri ini. Galaksi yang menjadi rumah bumi ini malah terancam akan bertubrukan sampai bercampur dengan galaksi lain yakni andromeda.

Serta nasib umat manusia di waktu itu benar-benar terancam dengan yang akan berlangsung di kejadian itu. Apa Bumi 90bola akan selamat saat ke-2 galaksi sama-sama bertubrukan?

Kelahiran Milkomeda

Perkawinan dua galaksi salah satu momen kosmik paling besar di alam semesta. Nasib yang sama akan dirasakan Bima Sakti sebagai rumah bikin Bumi.

Dalam tempo 4,5 miliar tahun, galaksi kita akan bertubrukan dengan Andromeda serta nantinya membuat galaksi elipitis atau galaksi spiral yang nantinya akan diberi nama Milkomeda atau Milkdromeda. Ke-2 galaksi sekarang sama-sama mendekat dengan kecepatan 500.000 km /jam.

Nasa ungkap, Bima Sakti bukan korban pertama Andromeda. Galaksi yang berdiameter 220.000 tahun sinar ini sebelumya telah terlebih dulu bercampur dengan galaksi lain. Ini dapat dibuktikan dari umur sepertiga bintang dibagian terluar Andromeda yang lebih muda daripada umur rata-rata bintang di Bima Sakti.

Jarak Tetapkan Nasib

Apa perkawinan ke-2 galaksi akan membunuh kehidupan di Bumi? Saat Andromeda memuat 1 triliun bintang serta Bima Sakti cuma 300 miliar bintang, peluang terdapatnya dua bintang akan sama-sama bertubrukan keduanya termasuk kecil karena jarak yang mengagumkan besar di ruangan antarbintang.

Pemilik IndoXXI Tutup Situs Streaming Karena Ketakutan

Skenario Terjelek buat Matahari

Tetapi simulasi yang dibikin ilmuwan pada 2006 mencetuskan peluang lain. Matahari akan tertarik ke jantung galaksi serta mengorbit dekat lubang hitam sebelum terlempar ke luar galaksi baru. Pilihan lain menyebutkan matahari akan mengorbit begitu dekat ke lubang hitam serta hancur oleh style gravitasinya.

Perkawinan Tanpa ada Akhir

Skenario lain yang disimulasikan ilmuwan menyebutkan Matahari akan tertarik oleh style gravitasi Andromeda serta menjauh dari Bima Sakti saat ke-2 galaksi mulai lakukan tarian maut mendekati perkawinan. Tetapi proses peleburan berjalan benar-benar lamban. Direncanakan ke-2 galaksi memerlukan waktu sampai 3 milyar tahun untuk bercampur semenjak tabrakan pertama.

Monster Baru di Alam Semesta

Satu diantara momen paling mendebarkan dalam proses perkawinan ini ialah meleburnya dua lubang hitam raksasa di jantung ke-2 galaksi. Sepanjang tarian maut, ke-2 lubang hitam akan mengisap gas dalam jumlahnya besar serta perlahan-lahan menjelma jadi quasar yang dapat menghasilkan daya 100 juta kali ledakan Supernova.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top